Cara Mengatasi Memori Card / SD Card Error USBC

Ceritanya hari Minggu kemarin saya dimintai bantuan kantor untuk memotret acara jalan santai HUT BPR RASUNA ke 25 tempat saya bekerja. Dengan berbekal kamera saya mirrorless Fujifilm X-T10 saya segera melaksanakan apa yang harus saya lakukan untuk mengabadikan moment Ulang Tahun Perak ini(25).

Dari rumah saya sudah mempersiapkan segala sesuatu seperti mengosongkan isi dari SD Card dan mencharge penuh baterai kamera, mengingat saya juga belum beli baterai cadangan karena memang mahal harganya 🙂 . Jam 5 pagi saya sudah sampai di lokasi dan mulai memotret kegiatan tersebut sampai dengan pukul 09.00 WIB. Selain acara jalan santai, ada juga acara Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Ponorogo.

Setelah acara selesai saya bermaksud untuk segera memindahkan hasil foto dari kamera ke laptop. Dengan menggunakan laptop kantor yang tidak ada Card Readernya akhirnya saya menggunakan card reader external milik teman saya. Dan ketika saya mau menyalin file foto tiba-tiba koneksi card reader loss dan membuat semua foto yang ada di SD card hilang entah kemana.

Sesaat setelah kejadian itu saya menelpon teman yang juga fotografer dan menanyakan perihal ini, dan teman saya menjelaskan cara mengembalikan semua file foto tersebut. Keesokan harinya saya langsung browsing untuk tahu lebih jauh tentang recovery foto tersebut. Dan tak lama akhirnya ketemu juga solusinya.

  1. Buka Command Prompt
  2. Ketikkan ” chkdsk (lokasi drive): /f “, misalkan SD Card kita berada di drive G maka ketikkan ” chkdsk g: /f ” kemudian tekan Enter

    Pic by http://www.innamulhassan.com/

  3. Jika kita disuguhi pertanyaan pertanyaan dari Command Prompt tersebut, tekan saja Y kemudian Enter di setiap pertanyaan tersebut.
  4. Restart PC/Laptop.
  5. Masuk ke Explorer, Klik Organize – Folder and Search Options – Pilih Tab View. Setting seperti yang ada di gambar

    Pic by http://www.innamulhassan.com/

  6. Buka Drive SD Card, kemudian anda akan menemukan Folder aneh FOUND.000

    Pic by http://www.innamulhassan.com/

  7. Buka folder tersebut, maka akan ada file yang berformat .CHK
  8. Rubah/rename ekstensi file .CHK tersebut dengan .JPG dengan cara tekan F2 atau klik kanan pada file, kemudian klik Rename

    Pic by http://www.innamulhassan.com/

    Pic by http://www.innamulhassan.com/

  9. Jika file anda ada banyak sekali, anda bisa menggunakan aplikasi formatter seperti Format Factory dll.
  10. Selamat mencoba 🙂
giriayoga

Related Posts
Comments ( 2 )
  1. dafhy
    11 January, 2017 at 10:15 am
    Reply

    Berarti kaya disembunyikan gitu ya mas? Pernah ngalamin, tak kira file-nya hilang. Matur suwun sharing-nya

    • giriayoga
      12 January, 2017 at 8:45 am
      Reply

      iya mas…ternyata disembunyikan dan menjadi ekstensi.chk di dalam folder FOUND.000 🙂

Leave a reply