Saatnya Bermigrasi ke Kamera Mirrorless

Tekonologi kamera saat ini semakin hari semakin maju dan berkembang pesat, salah satu buktinya adalah semakin ringkasnya ukuran kamera dari berbagai produsen kamera. Tak ayal, berbagai merk kamera ternama seperti Canon, Nikon, Sony dan merk terkenal lain berlomba-lomba membuat kamera yang lebih ringkas yaitu kamera mirrorless.

Sebenarnya kamera mirrorless sudah ada sejak lama tapi popularitasnya tidak sebagus pada saat ini. Masyarakat beranggapan bahwa kamera yang kecil adalah kamera yang biasa saja, sedangkan kamera yang besar seperti DSLR adalah kamera yang bagus.

Anggapan tersebut kini mulai memudar seiring semakin berkembangnya teknologi kamera di dunia. Kamera mirrorless mulai banyak digemari oleh para fotografer karena lebih ringkas dari DLSR meskipun masih banyak kekurangan yang dimilikinya.

Sayapun sekarang adalah pengguna kamera mirrorless Fujifilm X-T10 yang sebelumnya kamera yang saya pakai adalah kamera DLSR Canon 600D dan yang terakhir Canon 60D. Alasan utama saya bermigrasi ke mirrorless adalah keringkasan dan keringanannya. Ketika saya menggunakan Canon, saya merasa agak berat membawa kemana-mana, setiap hari libur saya pasti mobile membawa kamera hunting kesana kemari 🙂 .

Dari berbagai keunggulan kamera mirrorless pasti juga ada kekurangan dari kamera tersebut, seperti :

  • Baterai
    Ketahanan daya baterai dari kamera mirrorless bisa dibilang masih kalah jauh dengan DSLR pasalnya di kamera mirrorless belum menggunakan optical viewfinder tapi masih menggunakan elektronik viewfinder
  • Viewfinder
    Viewfinder kamera mirrorless masih menggunakan elektronik viewfinder(live preview), yaitu menggunakan daya baterai ketika menampilkan gambar yang akan dibidik, bisa dipastikan akan menguras ketahanan baterai.

2 kekurangan diatas adalah hal wajar untuk mirrorless dan saya yakin akan ada perkembangan teknologi yang mampu mengatasi kekurangan dari kamera mirrorless.

 

giriayoga

Related Posts
Leave a reply